Mengatasi Kram pada Kaki

27 Dec 2008

Beberapa bulan terakhir ini saya sering mengalami kram ketika mau tidur, setelah browsing sana browsing sini akhirnya saya menemukan salah satu pencegahan preventif untuk masalah ini dan ini saya share ke blog agar (mungkin) beberapa orang yang mengalami kram ketika tidur bisa menjadi referensi.

Dan Berikut tulisannya…..
Pernahkan Anda terbangun dari tidur malam dan merasakan kaki yang tiba-tiba kram? Tidur pun menjadi terganggu dan tak jarang masih terasa sakit di keesokan harinya. Kelelahan akibat aktivitas sehari-hari atau kekuranag kalsium, disinyalir menjadi penyebab ketegangan pada otot kaki ini.

Coba amati aktivitas anda sehari-hari dan jika kram tiba-tiba datang, cobalah mengatasinya dengan menarik bagian kram kearah berlawanan secara perlahan. Tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik sehingga ketegangan pada otot mengendur. Setelah sakit reda, tak ada salahnya melakukan pemijitan sekitar 5-10 menit di area kram untuk mengendurkan otot sekaligus memberikan kehangatan. Patut diketahui kram juga bisa terjadi akibat kelelahan, seperti setelah berolah raga atau beraktifitas di luar rumah selama seharian penuh. Bila hal ini yang terjadi, bisa di kompres dengan menggunakan ice pack di sekitar area kram, bukan tepat di atas area kram.
Mengingat sifatnya yang datang tiba-tiba dan tidak disertai tanda sebelumya, tindakan preventif pun diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan hal tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa hal tersebut diantaranya:
1. Mandi atau berendam dengan air hangat setelah beraktivitas seharian setiapkali sebelum tidur untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.
2. Lakukan peregangan sebelum tidur, namun hindari penegangan/meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki-kaki anda tetap hangat selama tidur.
3. Hindari melakukan olah raga atau aktivitas berat secara tiba-tiba. Oleh karena itu, lakukan pernafasan secara benar sebelum berolah raga atau melakukan aktivitas fisik dan melakukan dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.
4. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misalnya setelah duduk terus menerus di depan computer selama 2 jam, berada di dalam pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh.
Jika kram terus terjadi dan dirasa makin mengganggu, tak ada salahnya utnutk berkonsultasi pada ahlinya.
Semoa tips ini bermanfaat buat teman-teman yang mungkin mengalaminya seperti saya.
(Sumber: Kompas)

Semoga bermanfaat….

- Jadi member di bayar, mau? klik di sini


TAGS Mengatasi kram


-

Author

Follow Me