Apa itu spam dan bagaimana menghindarinya

1 Nov 2009

Apakah spam itu dan bagaimana menghindarinya? Berikut definisi spam menurut wikipedia :
“Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam pos-el, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet”

Apakah anda pernah mengalami mendapatkan komentar di blog anda atau email anda? Apa yang meski di lakukan jika Mr SPAM menyerang?
Berikut ini beberapa cara agar terhidar dari spam atau yang sudah mendapatkan SPAM (seperti say) sialahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

Apakah yang harus dihindari agar tidak memperoleh spam ?
Beberapa petunjuk untuk menghindari spamming-mail dapat dilihat di http://help.yahoo.com/help/us/mail/spam/spam-03.html

Antara lain:

1. Jangan sekali-kali merespon spamming mail.
2. Jangan sekali-kali meresply spamming mail dengan kata “remove”. Hal ini akan mengakibatkan email dicatat sebagai email yang aktif, dan akibatnya alamat akan dicantumkan pada list yang lain. Akibatnya akan menerima lagi spamming-mail.
3. Jangan mengakses website yang direkomendasikan dalam spamming mail tersebut. Akses ini akan dimonitor, dan berfungsi sebagai alat validitas alamat email. Selanjutnya kita tidak akan bebas dari spamming-mail.
4. Jangan sekali-kali men-sign-up suatu site yang menjanjikan bahwa alamat kita akan dihapus dari suatu list spamming-mail. Dengan menuliskan alamat kita, berarti kita memberikan informasi alamat email kita pada pengelola situs tsb., dan kebanyakan mereka berperan sebagai kolektor alamat email.

Apa yang harus dilakukan bila terlanjur menerima spamming-mail ?

1. Janganlah mengirimkan complain kita ke pengirim spamming-mail
2. Janganlah sekali-kali mematuhi “petunjuk” agar didrop dari mailing list mereka sebagaimana diberikan di bagian akhir spamming-mail tersebut. Akan tetapi kirimkan complain pada ISP (Internet Service Provider).
3. Cara memblock spamming email, bila domain alamat kita @yahoo.com, silakan merefer ke http://help.yahoo.com/help/us/mail/read/read-22.html
4. Bila spamming email tersebut diterima dari seseorang yang beralamatkan @yahoo.com atau @yahoo.co.jp, kita tinggal memforwardkan spamming-mail tersebut lengkap dengan header-nya ke abuse@yahoo.com. Petunjuk mengenai hal ini dapat dilihat di: http://help.yahoo.com/help/us/mail/spam/spam-04.html

Selamat terhindar dari SPAM….


TAGS


-

Author

Follow Me